rss

Rabu, 25 November 2009

Buku Cetak vs Ebook

Bukan bermaksud niru bos cosa yang membahas soal buku cetak vs ebook juga, tapi ini cuma menanggapi pertanyaan di facebook kenapa saya kok lebih milih ebook daripada buku cetak.

Alhamdulillah, saya sudah pernah menerbitkan buku cetak berjudul, “Kiat Menjadi Top 10 di Google”. Judulnya sederhana, tapi sudah puluhan email dan puluhan SMS lain yang mengatakan betapa dahsyatnya efek setelah mengikuti petunjuk di buku itu. Bahkan ada yang terus terang mengaku kalau tidak beli buku itu dan cuma membacanya di toko buku. Dia lalu membuktikannya sendiri dan sebagai penghargaan dia beli juga buku itu.. hehehe..

Wah.. berarti royaltinya besar dong mas.. hehehe… Maaf, soal royalti tidak etis rasanya kalau saya katakan disini, Tapi buat perbandingan aja, besarnya royalti yang saya dapat selama 6 bulan, ternyata masih lebih kecil dari apa yang saya dapat dari cafebisnis selama 1 bulan :) Silahkan tebak sendiri deh.. hehehe…

Yah, memang itulah kenyataannya. Kalau banyak penulis buku mengatakan jadilah penulis buku karena bla..bla..bla dan honornya lumayan. Maka saya tegaskan lagi, jadilah penulis ebook… Anda jual gratisan dengan tukar email aja untungnya udah gede, apalagi anda jual.

Daripada dituduh niru bos Cosa, mending niru beneran aja deh. Inilah perbandingannya:

PENGHASILAN
Buku Cetak – Penghasilan berdasarkan royalti (30% dari harga buku). Padahal yang nentukan harga buku adalah pihak penerbit yang gak ikutan pusing nulis.. :D
E-Book – Penghasilan berdasarkan bagi hasil (kalau pakai system affiliasi) dan besarnya minimal 50%

PAJAK
Buku Cetak – Royalti anda akan dipotong 20% kalau tidak punya NPWP, kalau punya “cuma” 15%
E-Book – Pajak 0%

KETENARAN
Buku Cetak – Anda harus menerbitkan buku berkali-kali baru dianggap terkenal dan diundang ke seminar2
E-Book – Bikin aja ebook yang heboh 1 aja, anda sudah terkenal di dunia maya. Contoh gampangnya RahasiaBento, UangPanas, FormulaBisnis, dll. Kalau cafebisnis sih belum terkenal.. hehehe

PEMBAJAKAN
Buku Cetak – Dibajak langsung sih tidak, tapi diintip berkali-kali iya. :D Maklum saya termasuk golongan tukang intip juga, makanya buku2 di Togamas rata2 udah tahu isinya walaupun gak pernah beli.
E-book – Lebih mudah lagi, bukan cuma diintip tapi didownload. Meski begitu gak rugi kok, kan kertasnya gak bakal rusak. Kalau buku diintip 20 orang aja udah kusut semua tuh buku dan gak ada yang mau beli.

DISTRIBUSI / PEMASARAN
Buku Cetak – Untuk mengirim 1 buku di dalam provinsi, anda butuh ongkos kirim minimal 5500. Luar propinsi nambah lagi, luar negeri makin nambah.
E-book – Untuk mengirim 100 ebook ke seluruh dunia, anda tidak butuh ongkos kirim sama sekali :)

HARGA
Buku Cetak – Murah, tak perlu print lagi
Ebook – Kesannya lebih mahal (ini sih tergantung pemiliknya. Kalau di cafebisnis, itung sendiri deh, pasti cafebisnis lebih murah dari buku cetak).

Ebook WordPress Cafebisnis saja sudah diupdate sampai 3 kali. Jika anda pernah membeli buku WordPress versi cetak, tunggu saja 6 bulan pasti buku itu gak bakalan bisa dipakai lagi dan anda harus beli lagi. Jika tiap buku harganya 30 rb, maka anda butuh 90rb untuk terus update ilmu. Padahal di cafebisnis, gak cuma 1 ebook aja, ada ebook2 lain yang juga disertakan. Bahkan sebentar lagi, produk utama berupa ebooknya insya Allah akan ada 5 buah. Jadi soal harga, buku cetak masih lebih mahal

ISI
Buku Cetak – Dasar, bahkan boleh saya katakan cuma kulit doang yang dibahas. Baru-baru ini saya melihat buku SEO di TogaMas, duuh isinya newbie banget. Jadi kalau urusan bisnis online, jangan beli buku, mending cari di internet aja.
Ebook – Biasanya ditulis oleh pelakunya langsung sehingga lebih berbobot dan lebih detil walaupun labelnya masih pemula. Ingat, standarisasi pemula di dunia maya dengan dunia nyata beda jauh. Pemula dunia maya, mungkin adalah dosen di dunia nyata.. Jadi kalau anda nemu buku untuk pemula disana, hehehe…. jangan harap dapat ilmu baru. Sama seperti buku saya, dibanding ebook SEO baru nanti, jelas jauh bedanya. Padahal kalau dihitung-hitung harganya juga sama

Nah, buat anda yang gak pernah menerbitkan buku satu pun, buatlah sebuah ebook. Gratisan dulu sambil list building. Percaya deh, itu jauh lebih menyenangkan dan menghasilkan daripada anda nekat langsung jualan. Buat motivasi saja, jika anda ingat ebook saya yang berjudul Membuat Website Canggih dengan Modal Nol dan ebook Passive Income dari Jualan Link, maka perlu anda tahu, ebook WordPress itu telah menghasilkan minimal $30 per bulan. Dan yang jualan link, telah memberi saya lebih dari $500.

0 komentar: